Looking Glass Self, and It's Empty

Banyak teori yang udah gue pelajari selama gue belajar dari kecil sampe sekarang. Beberapa masuk ke otak dan bertahan sampe saat ini, yang lain cuma lewat dan ilang setelah kelas selesai. Salah satu teori yang berhasil masuk ke otak gue adalah teori looking glass self-nya Cooley. Inti dari teori itu sebenernya adalah gimana persepsi orang lain berpengaruh dalam pembentukan dan persepsi kita tentang diri sendiri. Kalo salah mon map, ini gue belajar waktu semester satu wkwk.

Selama gue hidup di dunia yang kocak ini, gue gapernah tau kalo gue akan memiliki kesebalan yang luar biasa ke orang-orang sok tau, terutama sok tau akan kehidupan yang gue jalanin. Kayak, gue tau kalo gue mudah cerita ke siapa aja, gampang akrab ke siapa aja, but that doesn't mean kalo semua yang terjadi di kehidupan gue tuh kalian masternya.

This kinda close friend of mine bilang kalo gue jarang jalan, nonton, hang out sama orang lain. Based on hasil observasi dia dari apa yang dia liat di kampus, social media, dan apa yang gue ceritakan, dia mengasumsikan kalo kehidupan gue tuh isinya cuma kampus, belajar, dan kepanitiaan atau urusan himpunan. Gatau kenapa, gue kesel aja gitu.

Jujur, there's a part of me yang ngerasa bingung aja gitu. Gue nangkepnya dia mencoba bilang kalo gue gapunya banyak temen, yang mana dia ga ngomong kayak gitu (obviously) dan balik lagi ini murni perasaan subjektif gue. Sisanya, gue ngerasa lucu aja. Mungkin karena gue sedikit merasa dia benar?

Balik lagi ke looking glass self, karena perasaan suuzon gue dari pernyataan ni temen, gue jadi ngerasa... apa emang bener gue ga punya temen? Apa gue ansos? Apa gue sebenernya seorang lone wolf di pisif raya? Dan gue jadi ngerasa sangat-sangat insecure dan tanpa sadar ya gue jadi beneran bertingkah kayak orang yang ga punya temen...

Gue merasa selama ini gue cukup aja gitu. Gue mengenal dan berinteraksi dengan cukup banyak orang, dan di satu sisi gue juga merasa cukup sama lingkup inner circle gue yang ga terlalu luas. Tapi, gatau sih, mungkin gue memang insecure... tapi setelah orang itu pointed out kalo gue main sama orang yang itu-itu aja... gue kayak merasa kosong aja gitu. Yang tadinya gue enjoy my self and people around me, these days gue malah ngerasa salah mulu ketika bermain dengan temen gue yang itu-itu aja

Duh gatau deh. Apa hubungannya sama looking glass self? Anaknya emang suka gitu.

Comments

Popular posts from this blog

Ini dan Begini

Selasa Seru Pt. 2

ISSA GOOD DAY, I guess?