Sedikit Kotor

Hai!

Ternyata liburan semester genap emang selama itu ya! Gue kayaknya udah libur selamanya tapi ternyata liburnya masih lebih dari sebulan. Yampon!!

By the way, gue sebenernya lagi sedikit galau sih. I know, I know, ngebandingin diri sendiri dengan orang lain is not healthy but I can't help it, okay. Semua orang terlihat sangat produktif dan kayak tau harus ngapain di liburan ini. Hmm this so called holiday is getting so looong.

Guys! Resolusi tahun ini gue mau mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, okay, tapi sebatas pake stainless straw tuh belum cukup banget! Permasalahan soal sampah di Indonesia (dan dunia) emang udah ada dan berasal dari segala aspek sih. Berdasarkan data KLHK 2013, sampah di Indonesia tuh 48% berasal dari rumah tangga dan 60%-nya adalah sampah organik. Gila ga sih! Pantesan aja tempat sampah bau dosa.

Berangkat dari situ, gue mulai berusaha buat ngolah limbah rumah tangga Cempaka baru VIII no. 42a. Cukup simpel sih ide awalnya, cuma misahin sampah organik dan sampah anorganik. Nah, setelah dipisahin,  sampah organiknya ini (ga termasuk sampah hewani) gue kubur di pot-pot yang ada di rumah gue. Sebenernya konsep biodigester menarik banget sih (kayak yang di Takor gitu!) Bayangin aja, sisa sampah kita bisa diolah jadi gas untuk masak. Cakep. Tapi berhubung rada ribet ya ceu, dan mahal juga kayaknya, jadi kita cukup pake sistem kubur-kubur aja.

Dari kegiatan kubur-kuburan itu hasilnya keliatan banget sih. Pertama, tempat sampah yang di dapur ga basah dan ga bau. Kedua, taneman depan rumah jadi subur parah, ngaco, daunnya jadi tiga kali lebih lebar. Selama gue hidup di Cempaka Baru gue belum pernah liat ada ulet yang gendut dan ijo kayak di iklan Pucuk Harum, tapi setelah gue mulai tanem-tanem sampah, uletnya jadi pada dateng! Keren banget! Walaupun pohon bunga geranium gue jadi botak parah sih gara-gara dimakan ulet.

Lucunya, somehow Ibu Farah takut dan geli banget sama ulet-ulet itu. Taneman geranium-nya dicabut semua beb, gangerti lagi. Nah karena potnya jadi kosong, positifnya gue jadi punya lebih banyak ruang untung "komposting" sih. I guess it works karena tanahanya beneran jadi lebih gelap dan tiba-tiba muncul tunas dari biji salak yang dibuang ke situ, lol.

Terus gue nambahin lima pot lagi yang ukurannya lebih kecil untuk "komposting" karena pot yang gede udah mulai ada tunas-tunas cabenya (sesubur itu!) dan Ibu Farah pengen punya pohon cabe jadi gue gabisa gali-kubur sampah di siru lagi (takut tunasnya kecabut). Tapi ini tanah di pot kecil udah parah banget, kayak pasir saking keringnya. Jadi setelah beberapa hari gue masukin sampah organik, tanahnya jadi lebih lembab dan banyak semutnya (wich was a good sign!). Ga sabar banget supaya ada ulet-ulet dan cacing lagi.

As days went by, ternyata Ibu Farah a.k.a Big Mama juga udah mulai tertarik dengan "komposting" ini. Tapi masalahnya dia tuh males gitu buat gali-tutup tanah untuk ngubur sampah organiknya. Bahkan, dia kayak ekstrim gitu. Masa sisa sayur sop yang masih semangkok gede dituang langsung ke potnya. Tanahnya jadi lembek parah selama berhari-hari. Terus dia juga sering buang sampah bekas makanan langsung di atas potnya. Hadeh pusing banget gue, potnya jadi banyak lalet malu gitu diliat tetangga.

Jujur, gue kayak seneng gitu ngeliat nyokap mulai ada concern tentang hal ini juga. Tapi cara dia ngelakuinnya tuh bikin gue rada senewen jujur aja. Soalnya dia ga sabar gitu buat ngebagi-bagi sampahnya secara merata. Terus setiap dia abis ngurusin sampah di pot tuh bentuknya ga bagus dan komposisi tanahnya jadi kaco banget deh. Kaco lah udah pokoknya.

Gue pengen beli tanah (media tanam, bukan investasi) di Shopee untuk nutupin sisa makanan di atas pot. Ternyata tanah murah banget. 13kg cuma dua puluh ribu. Tapi gabisa pake JNE. Ya iyalah, siapa juga yang mau nganter karung tanah. Tapi kalo pake Gosend rada 56 ribu gitu sih ceu. Ah gitu lah pokoknya pusing gue. Sebel banget ngeliat pot gue banyak laletnya gitu, jorok, ga sehat, ewwww.

Sebenernya inti pos ini gue cuma mau mengeluhkan tingkah laku manusia bernama Farah Indirasari, S.E. sih soalnya wkwk ya gitu lah my nyoksky.

Bye semua, selamat liburan!

Comments

Popular posts from this blog

Ini dan Begini

Selasa Seru Pt. 2

ISSA GOOD DAY, I guess?