Teater Pertama: Gandareva

Laptop baru; alhamdulillah, 'tuk dipakai untuk kuliah (ya tidak juga).

Alhamdulillah, etdah, akhirnya punya laptop baru, yang setidaknya benar dan sehat wal 'afiat. Urusan kuliah dan dunia per-blog-an jadi lancar jaya, Amen. Siapa juga yang masih baca blog ini btw?

Hari ini , well technically kemarin sih, menarik banget! Gue abis banget baru aja nonton pementasan teater pertama seumur hidup! Gatau sih sebenernya ini pertama atau engga, soalnya dulu sering nonton Operet Bobo dan udah beberapa kali nonton pementasan Gelmab juga. Ga begitu yakin sih itu jatohnya teater apa bukan. Tapi BTW, ini kayak teater pertama yang gue tonton pake uang jajan sendiri dan ga bareng ortu, jadi kayak, INI MAU NGOMONGIN APA SIH!!!

Lanjut. Jadi, si Gandareva (judul dari pementasan teater ini) adalah hasil produksi dari semacam UKM, kalo di FISIP sih komunitas, teater yang isinya anak-anak FISIP semua (ya iya lah Rosita). Nah, Gandareva ini adalah pementasan tunggal Teater Paradoks (komunitas teater tadi) yang ke-21. Sejauh yang gue tau, dari proses pembuatan naskah, casting, pencahayaan, tata panggung, semuanya bener-bener dikerjain sama bocah pisif. Salah satu ciri dari pementasan Teater Paradoks (ini kata Wanwin, ya) tuh selalu bawa isu sosial-politik yang bisa ditafsirkan dari perspektif masing-masing.

OKE, jadi tadi tuh gue nontonnya barengan sama tim Waterbom PIK a.k.a tim Far from Home a.k.a Bella dan Nae. Ini juga awalnya gue ga berminat gitu nonton teater, kayak, "Ah aku kismin". Tapi berkat keimpulsifan Nae yang tiba-tiba ngajak dan gue-Bella yang anaknya skuy, jadilah kita jadi nonton ini pentung. BTW apresiasyong buat Bella-Nae sebagai warga Bekasi, etdah jauh banget rumah lo berdua hadeeh, kudu jadi pepes cuma buat nonton ginian.

Balik lagi ke Gandareva, inti ceritanya adalah ngomongin soal Genderuwo sih. Gue ngerasa ga nyaman buat ngomong Genderuwo, jadi gue nyebutnya Mas Wo aja, oke? Oke. Nah, jadi latar ceritanya tuh ada di rumah singgah yang beroperasi berdasarkan nilai Katolik (lengkap ada Romo dan Susternya). Rumah Singgah ini kedatangan tamu yang ngakunya jadi donatur gitu, tapi ternyata dia Mas Wo yang nyamar mau nyulik reinkarnasi (atau titisan?) Srikandi, yang merupakan salah satu penghuni dari rumah singgah. Kalo ngeliat dari trivia di Instagram Teater Paradoks sih sebenenya Mas Wo tuh kayak cerita yang ada di berbagai Agama dan kebudayaan gitu, jadi yang gue liat tuh sosok Mas Wo dalam Gandareva sebenernya merupakan gabungan dari berbagai cerita tentang si Mas Wo.

Gue ga punya perbandingan yang apple-to-apple, karena ini pertunjukan teater gue yang pertama, tapi pementasan ini sangat menghibur sih bagi gue. Ceritanya keren, acting-nya nampol, pencahayaan ciamik, kostum jujur suka banget, musiknya wah gila ini beneran gue merinding, tata panggung wah kaco sih (in a very good way, ya!). Serem, tegang, kocaknya ada semua! (Nobi sama Fathur sih kaco rusak banget kocaknya). Kurangnya mungkin ada beberapa percakapan yang gue gabisa denger samsek, kayak suara musiknya niban suara percakapan. Bella-Nae aja nanya terus mereka ngomong apaan. Awalnya sih, jujur, gue udah bete gitu soalnya gue ga ngerti mereka ngomong apa (apalagi kalo mereka ngomong biasa gitu, bukan emosi yang meledak-ledak), tapi semakin lama makin oke sih. Ya, tapi mungkin gue gabisa ngeluh juga, karena gue juga nontonnya di barisan tribun sih hehe.

Yang bikin bangga dan terharu tuh sebenernya waktu liat semua kru, baik di belakang maupun di depan panggung, yang udah bekerja keras banget, ngorbanin waktu, tenaga, bahkan materi yang bisa dibilang ga sedikit. Semua kayak terbayarkan gitu. Apalagi waktu ngeliat banyak anak Kesos yang berpartisipasi. Uh bangga! Apa yang gue dapet dari nonton pentung? Sedikit banyak perspektif gue berubah sih. Kayak gue pengen gitu nonton pementasan-pementasan lain yang ada di FISIP. Selain untuk menyenangkan hatiku (turun panas demamku), juga untuk mengapresiasi teman-teman yang sudah berusaha dan bekerja dengan sangat baik dan tekun. Kalo kismin ya nabung, Rositaaa!

Baiklah, begitu saja ceritaku kali ini. Hehehe

Selamat beristirahat teman-teman Pentung Gandareva, kalian keren! 
Givin y'all the biggest hug!!!🤞

Ps. Foto akan segera menyusul. Kalau tidak malas.


Comments

Popular posts from this blog

Ini dan Begini

Selasa Seru Pt. 2

ISSA GOOD DAY, I guess?