Sustainable Menstruation Kits

Well issa review tiiiiime!

Setelah gue memutuskan untuk menjalani lifestyle less-waste dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, gue tau, banyak banget hal yang akan berubah. NAH MASALAHNYA plastik sekali pakai ini emang bener-bener benda normal yang kita pake sehari-hari gitu loh! Sesuatu yang lo bahkan ga sadar waktu lo pake itu. Pantes aja awareness orang-orang terkait hal ini tuh rendah banget, pun sekalinya udah aware, tetep susah banget untuk berhenti, atau bahkan ngurangin. 

Iya sih, paham banget kalo untuk mengubah suatu kebiasaan tuh susah. APALAGI gaya hidup yang udah lo jalanin selama, well, seumur hidup. Gue sadar banget kalo untuk berubah tuh bisa dimulai dari hal-hal kecil dan ga harus brek semua-muanya sekaligus. Misalnya aja nih, buat gue, penggunaan plastik sekali pakai kayak sedotan, sendok, garpu, kantong plastik, tuh ga susah-susah banget gitu untuk dikurangin. TAPI, guys, pembalut.

Sebenernya ada dua option sih terkait alternatif penggunaan pembalut sekali pakai ini. Yang pertama tuh menspad. Menspad ini bentuknya sama banget kayak pembalut biasa. Bedanya, dia tuh bahannya utamanya dari kain tebel dan beberapa menspad merk lain di bagian bawahnya ada bahan parasut yang waterproof (I guess?). Opsi satunya menscup. Menscup ini bentuknya kayak cup kecil dari bahan silikon yang bagian bawahnya ada stemnya. Dua-duanya punya variasi ukuran gitu, jadi bisa disesuain.

NAH, maksud sebenar-benarnya dari post ini adalah gue pengen ngereview sekaligus nyeritain pengelaman gue make both menspad dan menscup. Siyipi tau aja ada yang sedang mencari referensi ya kan ya kan. Baik lah lesgoo!

BIYUNG MENSPAD
https://instagram.com/b.i.y.u.n.g/
Ukuran S, M, L, XL
Packagingnya pake besek (& petunjuk penggunaan di dalem)

Sebelum gue memutuskan untuk beli menspad, gue emang rajin cari-cari dan baca review-review menspad. Kebanyankan merek yang direkomendasiin tuh Baby Oz sama GG. NAH, gue nemu Biyung ini aslinya ga sengaja waktu lagi liat story-nya si Rara Sekar andalanku. Setelah buka instagramnya Biyung waw apakah ini yang namanya jatuh cinta?? Impulsif banget langsung pesen saat itu juga karena misi sosial dia bagus banget! Bener sih, kata Kak Fardhan. CSR tuh saat ini udah jadi salah satu daya tarik orang untuk beli barang, hadeh. 

Gue beli yang satu set, harganya 105.000. Isinya empat pembalut, dari size S (panty liner) sampe yang XL. Trus gue juga beli wetpouch hargnya 20.000, plus ongkir 8.000. Gue belinya lewat instagram, adminnya nice banget KAK!! God bless you and your family.

I'm having a love-hate relationship with menspad, karena gue harus nyuci-jemur setiap saat, dan ga praktis aja menurut gue. Terlebih, Biyung tuh bahannya full dari kain sehingga sering banget bocor, hadeeeh. Sebenernya udah dianjurin sih sama Biyung untuk nambah sapu tangan kalo lagi heavy flow, TAPI jadi tebel gitu dan celana gue kan seringnya jeans yang rada ketat jadinya ya gasuka aja gitu. I'm not a fan of it. Gue pake Biyung selama kurang lebih lima siklus (setelah dipikir-pikir, gokil juga), dan berhasil ngelewatin tiga siklus tanpa pembalut sekali pakai samsek, TAPI setiap siklusnya (terutama hari ke-2 sampe hari ke-5) gue bener-bener ngerasa capek dan mager, dan KETAR KETIR KAK. Gue jadi sedikit parno setiap mau dapet karena capek banget blas harus cuci-jemur dan being insecure apakah gue akan bocor atau tidak. 

NAH, gue udah ga tahan banget sih asli kacau gue ga sanggup cuci jemur seumur hidup. Sebenernya bisa ga sejor-joran itu sih kalo gue punya lebih banyak menspad, tapi gue juga mempertimbangkan kalo gue beli satu set menspad lagi apa ga sebaiknya langsung pindah ke menscup aja? Toh harganya akan kurang lebih sama tapi gue bisa terlepas dari kegiatan cuci-jemur seumur hidup. Oleh sebab itu, ketika gaji pertama dari pekerjaan pertamaku turun, kubelikanlah diriku sebuah menscup.

GCUP
https://intagram.com/g_menstrual_cup/
packaging + penampakan menscup!
Sebenernya untuk sampe ke tahap beli menscup tuh banyak banget sih pertimbangannya. Selain harganya yang cukup mahal, gue juga masih sedikit ngeri dengan konsep masukin benda ke dalem tubuh gitu. No, I don't believe in virginity concept yang dibangun masyarakat berdasarkan selaput darah, jadi itu bukan masalah, YANG gue takutin tuh apakah gue sanggup masukinnya atau ngga. Gue masih gabisa bayangin gitu, lubang sekecil itu dimasukin cup?

Tapi sejujurnya, proses pake menscup tuh bisa dibilang sebuah proses pengenalan diri sendiri sih. Kenapa? Karena ya, gue jadi tau bentuk tubuh gue, kondisi tubuh gue, dan hal-hal yang selama ini lazimnya baru akan gue tau mungkin setelah nikah?? BTW, make menscup bikin gue ngerasa kalo budaya dan masyarakat kita sangat kurang akan sex education, PADAHAL kita sangat butuh hal itu.

Nah balik lagi, sebenernya banyak banget merk menscup, tapi rata-rata merk luar negeri sih, kayak Diva Cup, Lunar Cup, Organicup, dll. Aslinya, gue sudah nawaitu buat beli Organicup, karena itu yang dijual Cleanomic. Tapi kok aku malah beli GCup?? Nah GCup ini merk lokal asli, silikonnya pun udah medical grade gitu jadi aman ya teman-teman. Tapi, jujur, untuk ukuran menscup, GCup ini termasuk murah banget! Cuma 125.000! Kenapa gitu? Karena ga perlu impor dan gaada pajak impornya hehehe. Nah, sebenernya awal-awal gue juga rada was-was sih karena harganya yang murah ini, jadi awalnya gue mau stick ke Organicup aja. Tapi setelah lewat beberapa bulan, ternyata followers dan costumers-nya nambah terus, banyak review dan testi yang positif, termasuk dari Ayudia. Jadi percaya aja gitu #ngaco.

Pengalaman gue, waktu pertama kali dateng, gue kaget sih. Ternyata ukurannya tuh kecil banget bener-bener kecil. Gue optimis bisa masukin itu. Tapi pas dicoba, gue sama sekali ga bisa masukin menscup ke dalam badan gue karena sakit banget coy?!?! The key is we should be calm dan jangan tense gitu. Tapi ya kan gugup ya. Gue sampe ikut ke komunitas di WA gitu sih, tapi apalah aku, grup kelas aja males dibuka apalagi grup komunitas ya nggak sih?

Sampe dua siklus kemudian gue masih tetep pake menspad karena, woi, gabisa masuk ini menscup gimana caranya!?! Untung gue beli yang murah. Coba kalo gue beli yang 700.000, mau nangis ga lo? Sebenernya gue udah pasrah sih kalo gue gabakal bisa pake menscup dan harus ribet nyuci menspad seumur hidup. Toh, harganya juga ga semahal cup lainnya jadi gue udah ikhlas aja sih, mungkin cup bukan jalan ninja menuju kehidupan bebas sampahku. Tapi di satu sisi, gue masih penasaran juga sih. Maksudnya, ini tuh elastis dan kecil, masa gabisa masuk sih? Selama itu gue cari-cari terus di internet, gimana cara masukinnya, gimana cara ngelipet yang nyaman, gimana posisi badan, apa aja yang bisa bikin gampang masukin, gimana cara ngeluarin, gimana cara bersihin, dan sebagainya.

Gue masih takut untuk nyoba lagi karena gue masih ga nemu posisi yang enak dan nyaman. Kayak sakit mulu aja gitu. Akhirnya titik terang dari perjalanan menscup yang gelap dan berliku tuh waktu  gue akan ada raker se-FISIP bersama orang-orang kemahasiswaan dan himpunan dari jurusan lain di Puncak dan ada kegiatan Paintball sama Rafting. Kebetulan banget, berdasarkan period tracker gue bakal lagi dapet di hari kedua. PR bangeeet kalo harus cuci+jemur. Dengan motivasi tidak ingin repot di raker, akhirnya menscup berhasil masuk. Hehehehe. Hehe.

Enak banget guys pake menscup! Ga berasa pake apapun. Sumpah life changing banget, kenapa ga dari dulu gue pake ginian? Tapi pun setelah masuk gue masih ada kendala; ngeluarinnya. Jujur awal-awal rada panik sih karena menscupnya naik banget dan ketinggian, gue takut gabisa dikeluarin. But it's okay now, it's all good.

Jadi gitu sih kurang lebihnya. Kalo gue pribadi lebih suka sama menscup karena lebih cepet, simpel, mudah, ga ribet, dan ga berasa. Tapi menspad juga masih kepake sih, terutama di masa-masa pra menstruasi sampe hari pertama dan hari-hari terakhir. Tapi kalo untuk dipake pas heavy flow, nggak deh makasih, aku sama menscup aja.

Mungkin gue ga cocok sama Biyungnya aja kali ya? Mengingat bahannya yang full kain dan gue keluarnya banyak. Mungkin kalo temen-temen ngerasa belum nyaman pake menscup tapi pengen berenti pake pads biasa bisa coba ke menspad dulu. Banyak kok merek-merek lain yang ga bocor samsek kayak BabyOz gitu (ini berdasarkan testi temen yang maske menspad).

Semangat, semangat! Selalu ada jalan untuk berbuat baik ke alam!

Comments

Popular posts from this blog

Ini dan Begini

Selasa Seru Pt. 2

ISSA GOOD DAY, I guess?