Perks of Being A Social Welfare Student (Versi Aku)

Orang bilang, kalo udah ada niat untuk nulis harus segera ditulis! Biar ga lupa.
Bener juga sih! Gue sering banget punya urge untuk nulis sesuatu, tapi karena entar-entaran akhirnya lupa.
Tapi orang juga bilang untuk jangan ikutin apa kata orang, karena yang paling tau apa yang terbaik buat kamu, ya dirimu sendiri.
Lah tapi itu juga bener!? Berarti sebenernya gue tetep ikutin kata orang dong?

Hmm...sebuah dilema kehidupan yang rada tidak penting ya, gue liat-liat.
Sebenernya, ngomongin soal "apa kata orang" cukup menarik, sih, buat gue. Karena, seru aja ngeliat ada beberapa orang yang sangat yakin dan percaya apa kata orang, tapi di satu sisi, ada juga yang sangat skeptis dan ga percaya banget sama apa kata orang.

Menurut gue pribadi, bener kata orang, hidup itu adalah soal keseimbangan (apadah). Gue bisa ngerti, sih, kenapa ada yang bisa percaya banget sama apa kata orang sedangkan yang lain biasa aja. Bukannya mereka ga punya pendirian, tapi gue lebih ngeliat kalo mereka lagi dihadapin sama kondisi yang ga pasti, yang ngebuat mereka ngerasa insecure. Dengerin apa kata orang juga perlu kok untuk menghindari lo dari ketidaknyamanan yang sebenernya ga perlu alami. Lo bisa belajar dari pengalaman orang lain untuk memperbaiki diri lo. Menurut gue, ga salah kok, ngedenger apa kata orang untuk dapet perspektif yang mungkin belum lo tau. Tapi, apa kata orang tentu ga boleh ngebuat lo ngerasa bahwa apa kata 'lo' itu less then apa kata 'mereka' dan ngebuat lo merasa kalo apa kata orang udah pasti yang paling bener.

Untuk ngedengerin apa kata orang, perlu banget melibatkan diri lo untuk mengevaluasi, menilai, atau bahkan berpikir ulang tentang apa kata mereka. Kadang, lo juga harus ngerasain hal itu secara "first-hand", karena ya ga jarang juga ketika lo terlalu banyak denger apa kata orang dan malah ngelupain apa kata "lo", lo justru tersesat. Kok gue mulai ngerasa lebay. Hmm...maksud gue, ya lo tau lah harus gimana. Dih apaan.

Apadah hubungannya dari tadi gue nulis apa kata orang sama kesos wkwk. For you who might not know, saat ini gue lagi mempelajari ilmu kesejahteraan sosial. And for you who might not know, iya, ilmu kesejahteraan sosial itu ada. Nah, selama gue jadi mahasiswa kesos, banyak banget sih perkataan orang-orang yang gue denger (yang kadang ga gue minta) tentang hal tersebut. Ga jarang juga apa yang orang-orang bilang tentang kesos tuh ga membantu gue sebagai orang yang mempelajari kesos. BAHKAN, sejujurnya gue aja jarang denger orang ngomongin kesos, ya karena simply mereka gatau kalo kesos itu exist. Well, that's okay kok! Itu lah gunanya post-an ku kali ini hehe.

(!!!!) Tapi guys, ini semua versi gue ya. Apa yang gue rasain sama temen-temen lain yang juga belajar kesos mungkin aja beda, karena jujur yang gue tulis di bawah itu murni dari gue (so basically seluruh postingan ini ya "apa kata Oci"), lol.

Sebagai anak kesos yang emang dari awal milih untuk masuk kesos (pilihan pertama SNM), gue bisa bilang kalo ekspektasi gue tuh beda banget sama apa yang gue alami ketika gue beneran jadi anak kesos. Jujur aja, sih, informasi tentang ilmu kesejahteraan sosial tuh masih kurang di kalangan awam (termasuk anak SMA) dan bahkan anak UI sendiri. Jauuuh banget kalo dibandingin sama jurusan soshum lainnya kayak hukum, akuntansi, atau komunikasi. Gue sendiri ngira kalo kuliah di kesos tuh akan mempelajari gimana cara menyejahterakan orang, yang pada saat itu sejahtera adalah konsep yang masih abstrak dan sempit (tapi luas juga) bagi gue. Gue cuma yakin, gue bisa jadi orang yang berguna kalo gue kuliah di jurusan ini. Digitu.

Ketika gue mulai belajar tentang kesos, gue masih ngerasa kalo kuliah di kesos itu ya emang seabstrak itu. Bahkan di semester pertama, gue cuma dapet satu matkul yang emang ngebahas tentang kesos, jadi satu semester gue kuliah, yang gue tau soal kesos tuh cuma kulit arinya doang. Tapi, makin ke sini, ketika gue udah mulai belajar kesos dari berbagai level (mikro, mezo, makro) gue makin ngerasa kalo gue tuh lucky banget bisa masuk kesos. Serius.

Di kesos UI (dan mungkin juga kesos di univ lainnya), gue ga cuma belajar soal teori/knowledge tentang kesos, tapi juga kemampuan/skill dan nilai/value.

Secara teori, kesos tuh suatu disiplin ilmu yang cakupannya luas banget! Ada sosiologinya, hukum, politik, psikologi, antropologi, ekonomi, dan lain-lain. Secara ga langsung, dengan belajar kesos, lo banyak mempelajari ilmu lain dan seenggaknya lo banyak nyambung kalo ngomong sama orang dari berbagai jurusan. Tapi, gue gamau banyak nulis soal itu sih. Karena menurut gue yang paling menarik jadi anak kesos tuh lo bisa mengaplikasikan apa yang lo dapet di kelas ke dunia nyata.

Gue ngerasa banget gue jadi orang yang lebih baik dan menghargai manusia lainnya setelah jadi anak kesos. Ya gimana engga, di sini gue belajar kalo setiap individu tuh unik dan penting, selain itu lo juga diajarin untuk nerima manusia, segimana pun anehnya manusia itu. Lo diajarkan untuk ga memberi judgement, lo diajarkan untuk mendengar (MEN! Ngedengerin aja ada caranya!), lo dilatih untuk berpikir logis dan melihat gambaran yang lebih luas dan dalam. SELAIN ITU, lo disuruh banyak sabaaaar! Soalnya liburnya cuma sedikit gara-gara UAS-nya makan waktu libur. Tapi selain itu, gue merasa bersyukur banget sih diberikan dosen-dosen yang sangat baik dan emang mau ngajarin gitu. Dosen kesos tuh sangat menghargai bocah-bocahnya sih kalo gue bilang.

Sebenernya guys, tulisan ini udah ada di draft lamaaaa banget, mungkin dari pertengahan 2019. Setelah gue buka lagi, ternyata feel nulisnya udah ga sama dan gue udah banyak lupa tentang apa yang mau gue tulis. TAPI untuk sebuah draft ini udah panjang banget dan sayang aja gitu kalo ga diposting, baiklah tidak apa-apa, memang begini adanya.

Jadi seperti itu teman-teman the perks of being a social welfare student versi aku. 

Comments

Popular posts from this blog

Ini dan Begini

Selasa Seru Pt. 2

ISSA GOOD DAY, I guess?